Semarak 10 Muharram 1438 H Yayasan Annuriyyah Kaliwining, Jember



Tahun Baru Islam 1438 H, merupakan momentum yang tepat untuk memulai, lembaran amal baru yang lebih baik. Sebagaimana tuntutan Islam untuk selalu menyumbangkan kebutuhan materi dan rohani.

Firman Allah SWT. :


“ Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di  jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untukmu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan dari padanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilahm bahwa Allah Maha Kaya Lagi Maha Terpuji. Syaiton menjanjikan (menakut-nakuti) kami dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir), sedang Allah menjanjikan untukmu ampunan dari padanya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui ” (QS. Al-Baqarah 267 – 268)



Imam Thabrani dan Baihaqi berkata :“ Barang siapa pada hari Asyuro memberikan keluasan (memberi shodaqoh/ berbuat baik) kepada keluarganya, maka Allah akan memberikan keluasan dalam masa satu tahun, sangat berbahagialah orang-orang yang pada saat itu berpuasa dan memberikan keluasan hati (shodaqoh) kepada keluarganya, janda-janda dan anak yatim



Berdasarkan Firman Allah dan Hadits tersebut Yayasan Annuriyyah Kaliwining, Rambipuji-Jember melaksanakn kegiatan amalan pada 10 Muharram dengan tujuan:

  1. Bulan Muharrom merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan iman kita kepada Allah SWT dan mengambil hikmah dari peristiwa 10 Asyuro.
  2. Peringatan Tahun Baru Islam adalah upaya nyata untuk mengamalkan ilmu-ilmu yang didapat di bangku sekolah yaitu hidup bermasyarakat.
Sudah menjadi rutinitas Yayasan Annuriyyah Kaliwining, Rambipuji-Jember setiap tanggal 10 Asyuro melakasanakan kegiatan Kirab Muharram, Santunan kepada anak yatim dan kaum dhu'afa serta Khitanan massal. 





0 Comments