ORIENTASI STUDI LAPANGAN MA. ANNURIYYAH (OSPAMA) 2014


A.    PENDAHULUAN
            Meskipun pemerintah telah merencanakan Wajib Belajar 9 tahun, Namun angka partisipasi pendidikan tingkat SLTP baru mencapai 72 %, sedangkan angka partisipasi siswa tingkat SLTA baru mencapai 38 %. Hal ini berarti bahwa sebagian besar anak usia SLTA belum dapat menikmati pendidikan SLTA.
        Madrasah Aliyah secara kelembagaan merupakan sekolah yang dirancang mempersiapkan anak didik untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Namun kenyataannya hanya kurang dari 35 % lulusan SLTA yang melanjutkan pendidikannya di Perguruan Tinggi. Keadaan ini merupakan sebagaian dari problema multidimensial yang dihadapi dunia pendidikan di Indonesia dalam era globalisasi.
           Masalah besarnya proporsi lulusan yang tidak melanjutkan pendidikan tinggi merupakan realitas yang perlu mendapat respon cepat dan tepat. Mempertimbangkan kondisi tersebut maka Madrasah Aliyah Annuriyyah sebagai lembaga pelayanan umum yang menyelenggarakan  pendidikan harus menetapkan standard kualitas produk. Untuk mencapai hal tersebut, salah satu cara yaitu dengan melakukan studi lapangan di instansi yang ada kaitannya dengan ketrampilan yang diperoleh di Madrasah Aliyah Annuriyyah. Sehingga lulusan Madrasah Aliyah Annuriyyah yang bermutu dan berakhlak mulia serta mampu mngubah sikap dan perilaku.

B.    DASAR PEMIKIRAN
      Yang menjadi dasar pemikiran Madrasah Aliyah Annuriyyah melaksanakan Studi Lapangan adalah :
  1. Kurikulum Madrasah Aliyah yang berbasis kompetensi. Kurikulum Berbasis Kompetensi yang merupakan pengetahuan, ketrampilan dan nilai-nilai dasar yang direfleksikan dalam kebiasaan dan bertindak
  2. Madrasah Aliyah Annuriyyah sebagai lembaga yang menyelenggarakan pendidikan untuk memberikan pembelajaran yang berkualitas dan berorientasi pada kewiraswastaan dan peka terhadap sosial budaya.
  3. Madrasah Aliyah Annuriyah merealisasikan konsep life skill education yaitu konsep kecakapan hidup yang tidak semata-mata memiliki kemampuan tertentu saja, namun memiliki kemampuan dasar pendukungnya.
C.    TUJUAN
Tujuan diadakan studi lapangan yang dilaksanakan oleh Madrasah Aliyah Annuriyyah adalah :
  1. Untuk merealisasikan program berorientasi pada pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi.
  2. Melaksanakan konsep life skill education sebagai bekal bagi lulusan untuk memiliki ketrampilan khusus.
D. NAMA TANGGAL DAN LOKASI PELAKSANAAN
            Studi lapangan yang dilaksanakan oleh Madrasah Aliyah Annuriyyah adalah Orientasi Studi Lapangan Madrasah Aliyah Annuriyyah (OSPAMA) akan dilaksanakan Insya Allah pada hari Senin – Rabu, 6 – 8 Oktober 2014 dan sentral kegiatan adalah
Badan Pengelola Objek Wisata Ketep Pass (Gunung Merapi)
Jl. Blabak Boyolali Km 16 Ketep Sawangan Magelang Jawa Tengah
No. Telp (0293) 5527930

E. TARGET KEGIATAN
          Adapun target kegiatan studi lapangan yang dilaksanakan oleh Madrasah Aliyah Annuriyyah :
  1. Terealisasinya konsep life skill education yang direncanakan pihak Madrasah.
  2. Diharapkan nantinya lulusan dari Madrasah Aliyah Annuriyyah memiliki akhlak yang mulia, kemampuan khusus dan mental kewiraswastaan sebagai bekal untuk kehidupannya di masa depan.

0 Comments